Purbalingga Kekurangan 1.323 Guru PNS

Sahabat pembaca Info GTT PTT, sudah tahukah anda bahwa  sudah bertahun-tahun Kabupaten Purbalingga masih kekurangan 1.323 guru PNS untuk jenjang SD dan SMP. Hal itu menjadi pekerjaan rumah (PR) pemkab, karena belum ada rekrutmen maupun pengangkatan guru.

Saat ini jumlah guru di Kabupaten Purbalingga sebanyak 9.270 orang, dari jenjang sekolah TK hingga SLTA. Masing-masing dengan posisi kekurangan guru PNS sebanyak 5.400, dan sisanya guru bukan PNS yang terdiri dari PTT serta GTT dan tenaga kependidikan. Sedangkan kuota pengangkatan guru saat belum ada moratorium, hanya 15 orang pertahun. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga Tri Gunawan Setiyadi SH MH mengatakan, hanya bisa berharap dukungan guru tidak tetap (GTT). 

“Kalau sudah menjadi PNS jelas akan lebih total. Selain itu dalam peningkatan kemampuna personal guru akan lebih terarah. Namun kalau masih GTT, pikirannya masih terpecah soal honor, status dan lainnya,” tegas Gunawan, Senin (24/10). 

Gunawan mengatakan hanya bisa mengusulkan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Namun semua tergantung moratorium yang belum jelas sampai kapan dicabut. 

“Kami berharap pemerintah pusat bisa segera melihat kondisi jumlah guru PNS. Tujuannya satu, demi peningkatan kemampuan guru dan mendukung semangat dan kinerja mereka,” tambahnya. 

Dikatakan, imbas dari kekurangan guru membuat ada yang mengajar sampai dua kelas, guru kelas merangkap jadi guru olahraga, dan ada guru kelas merangkap menjadi guru agama. 

“Dinas mendata kekurangan guru berdasarkan rombongan belajar (rombel) dan mata pelajaran (mapel) serta guru mapel. Kalau moratorium dicabut dan per tahun kuota hanya puluhan yang disetujui pusat, maka bisa puluhan tahun pekerjaan rumah kekurangan guru ini kami alami,” tuturnya.

Berita ini bersumber dari Radar Banyumas.

Posting Komentar

0 Komentar